Begini Cara Mudah Memilih Partisi Ruangan Minimalis Modern dan Etnik

Tips memilih partisi ruangan rumah Bali minimalis modern dan etnik untuk kamu yang sedang mencari sekat atau pembatas ruang hemat tempat. Partisi sebagai penyekat antar ruangan cukup praktis dihadirkan dalam Rumah Minimalis Sederhana. Cara Menata Ruang Tamu Minimalis dengan menggunakan partisi memang sangat cocok, dan ini merupakan solusi dan Tips Menata Rumah Agar Rapi dan terlihat tertata walaupun tidak ada dinding penyekat. Hal ini dikarenakan untuk menghemat tempat antara ruang tamu dan ruang keluarga supaya dibuat luas memajang dengan adanya partisi sebagai pembatas ruangan. Atau membatasi dapur dan pantry dengan ruang makan. Partisi juga umum dipakai dalam ruangan minimalis kantor yang luas untuk membatasi ruang kerja antar karyawan.

Berikut kami sajikan tips memilih partisi ruangan minimalis yang telah kami himpun dari beberapa sumber terpercaya.

Rumah Bali Partisi Ruangan

  • Menetapkan Lokasi

partisi-lipatTips memilih partisi ruang minimalis pertama adalah menetapkan lokasi partisi akan dipasang. Apakah partisi tersebut untuk ruang yang membutuhkan privasi tinggi atau tidak. Menetapkan lokasi penempatan partisi ini untuk memudahkan kamu memilih jenis partisi permanen atau non-permanen.

Bila partisi tersebut kamu gunakan sementara waktu, pilih partisi yang mudah digerakkan atau dipindahkan. Bisa juga memakai partisi semi-permanen dan mudah dibongkar pasang untuk memberikan sirkulasi cahaya dan udara bebas keluar masuk. Misalkan saja Cara Menata Ruang Tamu Minimalis dengan partisi yang terhubung langsung dengan ruang keluarga. Partisi non-permanen lebih praktis dan mudah dipindah bila sewaktu-waktu kamu membutuhkan ruang lebih luas.

Bila partisi dipakai untuk menyekat dapur dan ruang makan, sebaiknya pilih partisi permanen. Sehingga sisa bau yang kurang sedap dari dapur tidak menganggu ruang makan. Begitu juga untuk memilih partisi dalam kamar tidur. Bila partisi tersebut untuk ruang ganti saja, pilih partisi non-permanen. Untuk kamar mandi dalam, pilih partisi permanen.

Partisi yang tertutup total lebih menjaga privasi pemilik rumah. Sehingga pilihan desain partisi harus rapat dan tidak tembus pandang. Misalkan saja kamu ingin membatasi privasi antara ruang tamu dan ruang keluarga. Gunakan folding door dengan rel roda di bagian atas dan bawah. Jenis material bisa berbahan dasar kayu atau kaca tidak tembus pandang. sebagai pembatas ruang tamu dan ruang tengah atau meja makan. Ini akan memberikan manfaat besar saat ada acara arisan keluarga besar. Sehingga ruangan tersebut bisa diperluas sesuai kegiatan pemilik rumah Bali.

  • Memilih material

Tips memilih partisi ruangan minimalis ketiga adalah memilih material partisi. Ada 4 jenis material bahan yang umum dipakai untuk partisi, yaitu: kaca, kayu, kain, bambu atau kombinasi dari keempatnya. Masing-masing memiliki keunikan sendiri untuk menambah nilai artistik ruangan minimalis kamu.

Material kaca

Material kaca sebagai partisi cukup manis dan elegan untuk membatasi ruangan. Utamanya bila kamu tidak memerlukan banyak privasi. Gunakan partisi jenis material kaca dengan ketebalan minimun 10 mm. terdapat tipe kaca tempered atau laminates yang diberi stiker sandblast, rayband ataupun kaca frossted ice.

Material kayu

Partisi material kayu banyak ragam bentuknya karena menjadi favorit. Utamanya partisi kayu lipat. Selain menjadi pembatas, partisi kayu juga bisa menjadi pemanis ruangan dengan tambahan foto-foto keluarga kamu. Gunakan partisi jenis material kayu ukuran balok atau reng yang disusun vertikal atau horizontal. Beri finishing pelitur untuk menambah kilat alami serat kayu. Frame yang digunakan bisa dari bahan kayu atau rangka logam.

Material kain

Material kain dipilih sebagai salah satu partisi karena cukup ringan dan menghemat tempat. Selain itu jenis partisi kain bisa diberikan corak gambar, warna, dan tekstur yang sesuai pesanan konsumen.  Gunakan partisi jenis material kain. Jenis ini cocok untuk rumah modern minimalis dan futuristik.

Material bambu

Bambu menjadi favorit untuk partisi ruangan minimalis karena memberikan kesan etnis dan alami pada ruangan. Umumnya partisi bambu dikombinasikan dengan frame kayu untuk memberikan kesan kuat. Selain partisi bambu, anyaman rotan, anyaman daun pandan juga bisa memberikan kesan etnik dan manis pada ruangan minimalis. Di toko perabot kamu bisa memilih jenis partisi etnik yang sesuai dengan selera kamu. Kombinasi dari keempat unsur material di atas juga bisa kamu gunakan. Hal itu bisa menambah kesan artistik pada partisi. Misalkan rangka kayu dengan kaca cocok untuk ruangan bergaya tropis modern. Kombinasi kayu lapis taekwood dan rangka besi ukir cocok untuk kesan klasik dan etnik.

  • Menetapkan anggaran

Tips memilih partisi ruangan minimalis keempat adalah menetapkan anggaran. Dalam menghitung biaya partisi yang perlu diperhatikan adalah biaya pembelian partisi jadi, biaya pemasangan dan biaya finishing. Bila kamu menggunakan partisi non-permanen, biaya yang kamu butuhkan hanya saat pembelian saja. Untuk menghemat anggaran pembelian partisi, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli partisi multifungsi. Misalkan perabot rak buku dan hiasan sebagai pembatas ruangan dalam rumah minimalis kamu.

Sentuhan akhir dalam penataan partisi tergantung dengan selera pemilik rumah masing-masing. kamu tentu memiliki selera bagus untuk membuat ruangan kamu semakin cantik dan membuat betah di rumah Bali. Nah, demikian rangkuman tentang tips memilih partisi ruangan minimalis modern dan etnik. Semoga memberikan inspirasi bagi kamu semua.

Leave a Comment