Kebiasaan Buruk Pengendara Yang Berbahaya

Kecelakaan lalulintas yang terjadi di Indonesia memang masih cukup terbilang tinggi. Hingga memakan banyak korban jiwa. Sebenarnya ada banyak sekali berbagai macam faktor atau pemicu yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan tersebut terjadi di jalan raya. Salah satu penyebanya adalah karena human error. Karena masih banyak sekali justru para pengendara yang memiliki beberapa kebiasaan buruk, dan kebiasaan buruk tersebutlah yang justru bisa memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu kita sebaiknya harus menghilangkan beberapa kebaisaan buruk ketika sedang berkendara. Karena selain membahayakan diri sendiri, tentunya kecelakaan juga bisa membahayakan bagi pengguna jalan yang lainnya.  Lalu apasajakah berbagai macam kebiasaan buruk yang  seharusnya di hindari oleh pengendara mobil. Silahkan simak ulasannya dibawah ini, diantaranya yaitu :

Nyetir Mobil

  1. Menyetir sambil maen hp

Salah satu kebiasaan buruk yang memang masih seringkali di lakukan oleh para pengendara mobil adalah bermain hp sambil menyetir. Tentu saja hal ini sangatlah berbahaya sekali. Karena jika sedang menyetir mobil sambil bermain hp, maka konsentrasi juga menjadi pecah, dan membuta pengendara menjadi kurang waspada ketika sedang berkendara. Serta bisa membuat kecelakaan. Untuk itu, jika anda ingin mengangkat telp atau membaca pesan yang penting, sebaiknya terlebih dahulu untuk menepikan kendaraan anda.

  1. Merokok

Ternyata merokok sambil menyetir mobil juga sangatlah berbahaya sekali. Karena dengan merokok justru akan menggangu konsentrasi si pengendara, terutama adalah menggangu konsentrasi penglihatannya jika terkena mata. Untuk itu, jika anda ingin merokok, sebaiknya berhenti saja terlebih dahulu di warung makan, mini market atau di tepi jalan.

  1. Mendengarkan musik dengan volume yang tinggi

Mendengarkan musik memang menjadi salah satu cara yang sering di lakukan oleh para pengendara mobil agar tidak mudah mengantuk dan menghilangkan rasa bosan. Terutama adalah ketika sedang amcet. Namun sebaiknya jika anda ingin mendengarkan musik, jangan terlalu kencang volumenya. Jika terlalu kencang anda jadi tidak bisa mendengar klakson dari pengendara lain atau mendengarkan suara lain.

  1. Mengemudi saat sedang mengantuk

Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi adalah karena memaksakan mengemudi ketika sedang mengantuk. Tentu saja hal ini sangatlah berbahaya sekali. Karena respon dan juga kesadaran dalam berkendara menjadi berkurang. Sebaiknya anda istirahat sejenak baru kemudian melanjutkan perjalanan.

  1. Mengabaikan lampu kuning

Kebiasaan buruk lainnya yang juga sering di lakukan oleh pengendara mobil adalah kerap mengabaikan lampu kuning. Banyak pengendara yang malah langsung tanca gas ketika lampu kuning. Padahal hal tersebut sangat berbahaya sekali dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Berbagai macam artikel menarik lainnya mengenai otomotif, terutama mobil. Bisa anda dapatkan dan simak hanya dengan mengunjungi situs otospare.com

 

Leave a Comment