12 Cara Mudah Mengetahui Mesin Mobil yang Masih Bagus Atau Sudah Tidak Bagus

Mungkin Anda berniat membeli mobil bekas tapi bingung bagaimana cara melihat apakah mesinnya masih layak atau tidak layak. Nah cara-cara panduan sederhana ini dapat menjadi solusi sebagai bahan pertimbangan anda:

Mesin Mobil

  1. Lihatlah sekitar mesin mobil yang akan Anda beli apakah terdapat oli merembes atau tidak, jika mesin tersebut kering tidak ada oli merembes berarti mesin dalam keadaan baik. Namun apabila pada mesin mobil tersebut berwarna hitam olinya bocor dan basah itu artinya mobil tersebut mesinnya tidak normal.
  2. Cobalah cabut dipstik oli dan cermati warnanya, apabila oli berwarna putih susu atau seperti kopi susu maka dapat dikatakan mesin pada mobil tersebut tidak normal. Namun jika saat dicabut dipstik oli penuh dan warnanya normal makan mobil tersebut dikatakan masih layak atau bagus.
  3. Bukalah tutup radiator setelah tutup radiator, cobalah untuk menghidupkan mesin. Apabila dari lubang radiator ini pada saat Anda menghidupkan mesin, airnya keluar dengan muncrat maka mesin pada mobil tersebut tidak normal. Namun apabila pada saat dihidupkan tidak mengeluarkan air dari lubang radiator tersebut, maka mesin mobilnya dalam kategori normal.
  4. Cobalah untuk melihat warna ujung knalpot, apabila warnanya coklat dan kemerahan, maka dapat dipastikan bahwa mesin tersebut pembakarannya sempurna, artinya mesin mobil termasuk kategori baik. Namun apabila warnanya hitam, cobalah untuk dicolek dan nempel warna hitam di jari Anda maka mesin tidak.
  5. Cobalah untuk menyalakan mobil, perhatikan dan dengarkan suara mesin mobil, apabila suaranya senyap dan lembut maka mobil tersebut bisa dikatakan masih bagus. Namun apabila suaranya berisik itu artinya mesin kurang baik.
  6. Pada saat mobil dipanaskan apabila dari ujung knalpotnya mengeluarkan air, maka menandakan bahwa mobil tersebut pembakarannya sangat bagus.
  7. Cobalah lakukan test drive dan lakukan pengoperan gigi. Apabila responnya cepat maka mesin tersebut normal.
  8. Pada saat melakukan test drive cobalah di jalan yang menanjak dan perhatikan jika mesin kepayahan atau meraung saat menanjak dikatakan mesin tersebut kurang baik.
  9. Lakukanlah pengamatan pada saat mesin menyala. Apabila getarannya biasa-biasa saja, itu artinya mesinnya layak atau bagus.
  10. Cobalah amati aroma di sekeliling mesin dan knalpot. Apakah ada aroma oli yang menyengat, jika ada aroma oli yang terlalu menyengat, maka mesin kurang normal
  11. Cobalah untuk memasukkan kunci kontak setelah itu putar satu kali dan perhatikan layar speedometer tersebut ada indikator oli, indikator mesin menyala dan mobilnya dinyalakan indikator mati, menandakan mesin tersebut normal.
  12. Cobalah amati pada saat knalpot menyala. Jika melihat asap berwarna putih atau hitam namun keluarnya banyak atau tebal, maka mesin tersebut kurang normal.

Leave a Comment