Barang yang Boleh Dibawa Masuk ke Kabin Pesawat

Barang apa sajakah yang boleh dibawa ke kabin pesawat? Apakah rokok dan powerbank termasuk yang diperbolehkan? Bagaimana dengan makanan, minuman atau benda berbentuk cairan? Apakah semua maskapai menerapakan aturan yang sama? Berikut ini penjelasan dari SammyBrandeis buat kamu semua.

Hal ini memang sangat penting untuk kamu ketahui. Sebab apa saja barang yang perlu dibawa itu harus kamu patuhi sebelum naik pesawat terbang. Ya, boleh dibilang, setelah mendapatkan tiket pesawat, hal terpenting berikutnya yang pelru kamu pahami adalah mengenai aturan naik pesawat terbang ini.

Tiket Pesawat

Bisa dibilang tiap maskapai memiliki aturan tersendiri mengenai apa barang yang boleh dibawa ke dalam kapbin dan apa yang tidak. Tapi prinsipnya kurang lebih sama. Seperti misalnya tas yang boleh dibawa masuk ke dalam pesawat berat maksimalnya adalah 7kg dengan ukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm.

Selain itu, benda lainnya yang boleh dibawa masuk adalah laptop dan alat-alat  kosmetik. Jadi buat kamu para wanita, tak perlu khawatir. Sebab kamu masih bisa dekat dengan peralatan kecantikanmu sekalipun sedang ada berada di pesawat. Jadi nanti selepas landing, kamu pun bisa berkaca untuk memastikan dandananmu rapi.

Begitupun bagi kamu yang selama ini sering membawa notebook saat bepergian, kamu bisa bawa laptopmu ini beserta tasnya. Kamu bisa meletakkannya di tempat yang tersedia atau kalau memang kamu berada di posisi yang cukup lega, kamu bisa meletakannya di hadapanmu.

Jika kamu selama ini juga suka mengenakan mantel atau syal, kamu pun bisa tetap mengenakannya saat berada di dalam pesawat. Terutama untuk perjalanan jarak jauh, kamu akan sangat membutuhkannya untuk menghangatkan badanmu.

Pada intinya, apa barang yang boleh dibawa ke dalam kabin dan tidak ini terkait dengan keamanan penerbangan. Jadi kamu pun tak perlu terlalu berkeluh kesah, sebab sejatinya hal itu sudah dipikirkan oleh pihak maskapai agar perjalanan selama di udara bisa berlangsung dengan lancar.

Kalau mau disimpulkan, intinya, barang-barang kecil seperti tas tangan, dompet, laptop, atau payung dan kamera kecil boleh kamu bawa langsung masuk ke dalam pesawat. Sedangkan barang-barang lainnya dengan bobot lebih berat bisa dimasukkan ke dalam bagasi. Ingat baik-baik berapa maksimal berat barang bagaisi yang bisa kamu bawa agar tidak sampai dikenakan biaya tambahan. Biasanya berat barang yang boleh dibawa untuk bagasi itu adalah sekitar 20kg. Kalau lewat dari itu, tentu saja kamu perlu untuk membayar biaya tambahan.

Untuk barang-barang berharga seperti uang atau logam mulia pun sebaiknya kamu bawa langsung ke dalam kabin. Sebab akan sangat riskan sekali kalau sampai dimasukkan ke dalam bagasi. Dan biasanya pihak maskapai pun enggan bertanggung-jawab jika ada kehilangan atas barang berharga itu. So, itulah informasi penting yang perlu kamu ketahui mengenai barang-barang yang boleh dan tidak boleh dibawa ke dalam pesawat. Mengerti ya guys?

Leave a Comment