5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Cicilan HP

Cicilan hp adalah salah satu metode pembayaran sekaligus pembelian hp yang paling laris dicari orang sekarang ini. Tren teknologi smartphone yang berkembang sangat cepat juga turut memengaruhi orang untuk ambil cicilan hp. Sebab, hp atau smartphone bukan merupakan barang murah. Harganya yang berkisar jutaan rupiah, apalagi seri terbaru, pasti lebih ringan kalau dibeli dengan cara mencicil.

Cicilan HP Kredivo

ilustrasi

Tapi, meski ringan, membeli barang dengan mencicil sama artinya dengan menambah beban utang. Kamu wajib bayar jumlah cicilannya per bulan plus bunga yang telah disepakati. Kalau telat bayar, tentunya kamu akan dikenakan denda sekian persen.

Maka, selain mengecek dan memahami kondisi finansial sendiri, kamu sebaiknya perlu mempertimbangkan 5 hal berikut ini sebelum ambil cicilan hp.

Untuk apa ambil cicilan hp?

Kebutuhan menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk ambil cicilan hp. Sebab, dengan mencicil, artinya kamu memiliki utang. Utang yang sifatnya konsumtif sebaiknya dihindari, sementara utang yang sifatnya produktif, kalau dijalankan dengan benar, tentu akan menguntungkan.

Misalnya, kamu butuh hp untuk modal pekerjaan atau mengurus usaha, maka cicilannya termasuk dalam kategori utang produktif. Sementara, kalau kamu mau cicil hp semata karena brand favoritmu mengeluarkan seri smartphone terbaru, maka cicilannya termasuk dalam utang konsumtif.

Tujuan ambil cicilan hp baru harus selaras dengan kondisi finansialmu saat ini dan beberapa bulan ke depan. Paling tidak, uang tabunganmu cukup untuk mengcover harga hp yang ingin dibeli dengan cicilan. Mungkin kamu merasa sayang tabungan kalau beli tunai atau bisa jadi tabungan langsung habis tak bersisa kalau memaksakan beli tunai. Sementara dengan mencicil, selain bisa meringankan, uang tabungan juga bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting.

Pilih cicilan hp bekas atau baru?

Harga hp bekas tentunya lebih murah dibanding yang baru. Tapi, harga bukan jadi satu-satunya indikator penentu dalam memutuskan mencicil hp baru atau bekas. Indikator lainnya, kamu juga harus kembali lagi pada kebutuhan, bujet, serta mengecek plus minus dari hp bekas.

Sebab, biasanya hp bekas memiliki beberapa minus mulai dari fitur yang tidak berfungsi hingga komponen yang tidak lengkap. Berbeda dengan laptop, harga hp bekas juga terbilang sangat mudah turun karena cepatnya pertumbuhan produksi seri terbaru dari hp. Salah satu nilai plusnya, beberapa lembaga penyedia kredit memberikan bunga cicilan yang lebih rendah untuk hp bekas. Sementara untuk hp baru, biasanya bunga cicilannya lebih tinggi. Tak heran, sebab ada harga, pasti ada barang.

Kalau kamu memilih Kredivo untuk kredit hp di merchant online atau pun offline, maka kamu akan dikenakan bunga cicilan yang sama baik untuk hp baru atau pun hp bekas, yaitu 2,95%. Pilihan tenor cicilan yang diberikan juga sama, yaitu 3, 6, dan 12 bulan. Baik hp bekas atau pun baru, kamu tidak perlu bayar uang muka, biaya tahunan, atau pun biaya admin ketika kredit hp dengan Kredivo. Situs Laku6 merupakan salah satu merchant online penyedia hp bekas yang telah menjadi mitra resmi Kredivo. Kamu bisa lihat daftar merchant lainnya yang telah bermitra dengan Kredivo dengan masuk ke laman ini.

Kalau kamu lebih mampu bayar cicilan hp bekas dibanding hp baru yang harganya lebih tinggi, tidak ada salahnya beli hp bekas di Laku6. Sebaiknya, pilih hp bekas yang masa pakainya kurang dari satu tahun. Jangan lupa juga bertanya pada penjual perihal kondisi hp bekas dengan detail.

Pilih cicilan hp di merchant online atau offline?

Sebagian orang mungkin masih khawatir untuk beli barang dengan harga jutaan di merchant online. Mulai dari khawatir ditipu hingga khawatir barang tidak sesuai dengan deskripsi. Salah satu alternatifnya, biasanya orang akan pilih beli hp di toko konvensional atau toko offline.

Tapi, tidak semua toko offline menyediakan fasilitas cicilan hp. Apalagi kalau kamu tidak punya kartu kredit. Nah, solusinya, kamu bisa mengandalkan Kredivo untuk ambil cicilan hp tanpa perlu kartu kredit. Sebab, kini, tak hanya merchant online saja yang telah menjadi mitra resmi Kredivo, merchant offline seperti Sentra Ponsel, Toko PDA, OPPO dan Pazia yang tersebar di berbagai wilayah pun telah bekerja sama dengan Kredivo.

Pilih cicilan hp dengan uang muka atau tanpa uang muka?

Beberapa metode cicilan konvensional memang masih menerapkan uang muka dalam setiap transaksi. Adanya uang muka sebenarnya cukup membantu dalam meringankan jumlah cicilan yang harus dibayar per bulannya. Sayangnya, kadang-kadang, toko atau lembaga penyedia kredit membebankan uang muka yang terlalu besar.

Dengan adanya fasilitas cicilan barang apa saja tanpa uang muka seperti yang ditawarkan Kredivo, kamu jadi punya opsi nih untuk menentukan mau nyicil hp dengan atau tanpa uang muka. Kamu bisa  membuat catatan kecil tentang rincian harga cicilan hp. Mana yang lebih menguntungkan antara cicilan hp dengan uang muka dan tanpa uang muka. Kamu juga bisa pertimbangkan dari segi kepraktisannya. Apakah skema cicilan dengan uang muka lebih ribet daripada tanpa uang muka? Begitu juga sebaliknya.

Pilih cicilan hp dengan kartu kredit atau tanpa kartu kredit?

Pernyataan ini berlaku bagi kamu yang sudah punya kartu kredit. Kalau belum punya kartu kredit, nggak usah repot-repot bikin, sebab cicilan hp tanpa kartu kredit sekarang sudah tersedia.

Salah satu perbedaan paling dasar antara ambil cicilan hp dengan kartu kredit dan tanpa kartu kredit adalah biaya tahunan dan biaya tambahan. Dengan kartu kredit, kamu perlu membayar biaya kartu, biaya tahunan, dan biaya tambahan lain. Sementara cicilan tanpa kartu kredit, seperti yang ditawarkan Kredivo, tidak memerlukan biaya kartu, biaya tahunan, biaya tambahan, atau pun uang muka. Jika dikalkulasikan seluruh biaya, cicilan hp dengan tanpa kartu kredit tentu jatuhnya akan lebih menguntungkan karena kamu tidak perlu bayar biaya tambahan lain selain bunga dan jumlah cicilan.

Selain itu, cicilan hp tanpa kartu kredit biasanya juga memberikan bunga yang cukup rendah dan mampu bersaing dengan bunga kartu kredit. Misalnya Kredivo, bunga yang diberikan untuk cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan hanya 2,95% saja. Apabila kamu terlambat bayar cicilan, maka kamu akan dikenakan biaya keterlambatan yang sama dengan yang diterapkan kartu kredit, yaitu 3%.

Kredivo bisa memberikan plafon kredit hingga Rp 20 juta. Meski tidak ada jaminan akan dapat plafon Rp 20 juta, kamu tetap berpeluang dapat plafon lebih banyak. Caranya adalah dengan mengunggah aneka dokumen yang dibutuhkan dengan benar, jelas, serta mudah terbaca dan memiliki histori rekening atau kredit yang baik saat mendaftar akun Kredivo.

Leave a Comment