5 Destinasi dengan Pemandangan Unik yang Wajib Dikunjungi di Cusco

Rupanya Cusco menjadi kawasan wisata terbaik di Peru. Bukannya Lima. Berhubung Cusco berada di kawasan Amerika Latin, tidak ada salahnya Anda menggunakan travel insurance biar nyaman saat perjalanan. Berdasarkan minat pengunjung, inilah 5 destinasi terbaik dengan pemandangan unik yang wajib Anda kunjungi saat ke Cusco.

Maccu Picu

  1. Machu Picchu

Lokasi ini sudah terlalu sering diabadikan dalam latar tempat di video game. Misalnya Downhill dan juga Tony Hawk. Tempatnya memang keren sih. Suasana di Machu Picchu sangat asri. Nama Machu Picchu merupakan kata lain dari Gunung Tua. Tempat ini sering disebut-sebut sebagai Kota Inca yang Hilang.

Dulunya, pada kisaran tahun 1450, ada kerajaan bernama Inka di Machu Picchu. Setelah bangsa Spanyol datang dan menguasai daerah kerajaan, Inka pun tinggal nama. Di sana terdapat beberapa bangunan utama yang diberi nama Kuil Matahari, Ruang Tiga Jendela, dan juga Intihuanata. Semuanya memiliki panorama yang unik dan menakjubkan.

  1. La Compania

Kawasan ini dibangun pada abad ke-16. Pada abad yang sama, di sana pernah terjadi gempa bumi yang dahsyat. Tepatnya pada tahun 1650. Kemudian diperbarui pada akhir abad ke-16. La Compania sempat mendapat kritikan pedas dari kalangan pemuka agama. Soalnya memiliki bangunan dan luas wilayah yang lebih besar daripada katedral.

Sejarah tersebut telah diabadikan oleh warga sekitar melalui bangunan maupun cerita dari lisan ke lisan. La Compania sendiri dibangun dari fondasi istana Huayna Capac. Sebuah unit bangunan terakhir dari Kerajaan Inka. Desain bangunan semacam ini juga diterapkan di Ekuador, Argentina, Chile, dan juga bangunan-bangunan di barat daya Kolombia.

  1. Plaza de Armas

Dengan memiliki jaminan dari travel insurance, maka ketika terjadi keterlambatan transportasi, uang Anda akan dikembalikan. Dengan begitu, Anda pun bisa menyusun ulang untuk liburan ke Cusco. Nah, destinasi kedua yang sangat terkenal bernama Plaza de Armas. Kawasan ini memiliki keunikan di bagian padang rumputnya.

Lokasi Plaza de Armas berada di jantung wilayah Cusco. Ada pula yang berada di Ambo, Trujilo, Lima, dan juga Pisco. Hanya saja yang berada di Cusco ini paling banyak dikunjungi. Plaza de Armas di Cusco ini paling bagus dikunjungi ketika malam. Padang rumput yang hijau itu akan turut bersinar di bawah terang bulan.

  1. Museo Inka

Salah satu museum yang terkenal di Cusco ini dibangun pada abad ke-16 oleh Admiral dari Spanyol. Museum ini persis dibangun di rumah Admiral Francisco Aldrete Maldonado tersebut dengan tangan kekuasaannya sendiri. Tempat ini juga pernah terkena gempa bumi pada tahun yang sama dengan La Compania, yakni 1650. Hanya saja, baru diperbarui pada tahun 1950 yang lalu.

Beberapa koleksi museum hanya fokus pada peninggalan sejarah Kerajaan Inka. Baik dari segi kultur budaya, maupun peninggalan berupa keramik, tekstil, metal, berlian, emas, mumi, dan lainnya. Salah satu yang paling menarik itu adanya 450 ukiran dan cawan-cawan yang dilukis dengan tinta kayu. Sering disebut dengan queros.

  1. La Merced

La Merced merupakan gereja yang terkenal di Cusco dengan gaya Barok. Bangunan ini dibangun antara tahun 1657 hingga 1680. Destinasi wisata ini merupakan salah satu bangunan gereja kolonial terpenting setelah Katedral dan La Compania. Di dalamnya terdapat lukisan yang hidup pada zaman San Pedro Nolasco yang mana penata La Merced.

Apabila Anda takut terjadi sesuatu, misalnya kecelakaan yang tidak terduga, mending daftarkan saja ke travel insurance. Bisa pula dengan mengunjungi KBRI yang ada di Peru. Biar identitas diri Anda tercatat dengan baik. Rata-rata destinasi wisata di Cusco merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Inka. Kalau Anda tertarik dengan tema sejarah, mampirlah.

Leave a Comment